Sabtu, 02 Maret 2013

Inspirasi Rahasia Kebahagiaan


Seorang anak muda melintasi padang pasir selama 40 hari untuk belajar tentang rahasia kebahagiaan dari orang paling bijaksana di dunia.
Akhirnya tiba di sebuah kastil yang indah, tinggi di puncak gunung. Di sanalah orang bijak itu tinggal. 
Saat memasuki aula kastil, ia melihat kesibukan di dalamnya; pedagang datang dan pergi, orang-orang bercakap-cakap di sudut-sudut, orkestra kecil sedang memainkan musik lembut, dan ada meja dengan makanan yang paling enak di dunia. 
Si orang bijak mendengarkan dengan seksama saat anak muda itu menjelaskan maksud kedatangannya, tetapi ia tidak punya waktu untuk menjelaskan rahasia kebahagiaan. Sang orang bijak pun menyarankan anak itu untuk melihat-lihat istana dan kembali dalam dua jam. 
Sementara itu, saya meminta Anda melakukan sesuatu,” kata si orang bijak. Ia menyerahkan sendok teh berisi dua tetes minyak pada anak itu.
Saat Anda berjalan-jalan, bawalah sendok ini tanpa membiarkan minyaknya tumpah.” 
Anak itu mulai menaiki dan menuruni banyak tangga istana, sambil matanya tertuju pada sendok. Setelah dua jam, ia kembali ke ruangan tempat orang bijak itu.
Nah,” kata si orang bijak, “Apakah Anda melihat perhiasan Persia yang tergantung di ruang makan?Apakah Anda melihat taman indah yang dikerjakan selama sepuluh tahun oleh tukang kebun terbaik?Apakah Anda melihat perkamen indah di perpustakaan saya?“ 
Anak itu menunduk dan mengaku bahwa ia tidak mengamati apa-apa. Perhatiannya tertuju pada minyak dalam sendok yang dipercayakan orang bijak padanya. 
Kalau begitu, kembali dan amati keajaiban dunia saya,” kata si orang bijak. “Anda tidak bisa mempercayai seseorang, kalau Anda tidak tahu rumahnya.” 
Merasa lega, anak muda itu mengambil sendoknya dan kembali menjelajahi istana tersebut, kali ini ia mengamati semua karya seni di langit-langit dan dinding. Ia melihat taman-taman, pegunungan di sekelilingnya, serta keindahan bunga-bunga. Setelah kembali ke orang bijak, ia bercerita tentang semua yang telah dilihatnya. 
Tapi kemana tetes minyak yang saya percayakan pada Anda?” tanya si orang bijak, melihat tak ada lagi minyak yang tersisa di sendok anak muda itu. 
Hanya ada satu nasihat yang bisa kuberikan,” kata orang bijak itu. “Rahasia kebahagiaan adalah dengan menikmati segala hal menakjubkan di dunia, tanpa pernah melupakan setetes minyak di sendok.” 
Manusia kadang terlalu sibuk mencari-cari kebahagiaan, dan terfokus pada hal-hal yang terlihat besar dan luar biasa. Namun, tanpa disadari, ada hal kecil yang juga penting, yang bisa membuat mereka bahagia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar